blog badwi default image caption

Chromium Sudah Support Font SIL Graphite

Published at

in

Tags:


Saya lupa sejak kapan Chromium browser di Ubuntu sudah bisa menampilkan font Jawa dengan benar. Entah setelah update sistem, atau setelah instal ekstensi Advanced Fonts Settings.

Googling tentang release notes-nya atau mungkin ada yang posting tentang new feature-nya belum ketemu nih. Cuma nemu yang lumayan menarik: https://code.google.com/p/chromium/issues/detail?id=400334.

Sekarang aksara Jawa dapat ditampilkan dengan benar pada peramban Chrome versi open source di Linux.

Sekilas Tentang Fon SIL Graphite

SIL atau SIL Internasional adalah kelompok pengembang fon. Graphite adalah sebuah proyek yang mereka kembangkan agar sistem komputer mampu menggambarkan dan menampilkan sistem penulisan yang kompleks untuk aksara-aksara di dunia selain huruf Latin.

Dengan Graphite, bisa dihasilkan sebuah fon pintar sehingga mampu menampilkan berbagai aturan penulisan dan variasi simbol pada sebuah sistem aksara yang rumit. Beberapa sistem penulisan aksara di dunia memiliki kerumitan dibandingkan dengan huruf latin misalnya aksara Arab, aksara Devanagari (India), aksara Thai, dan di Indonesia misalnya ada aksara Jawa dan aksara Bali.


Share to:


Author

Latest Articles


Tags Cloud

App Review APT apt-offline apt-web AWS Chromium Citation Cloud Cloudflare Cryptography Device DigitalOcean DVORAK English EOL Fedora Font Hardware Indonesian Install Internet Issue KDE Keryx Keyboard Layout Kubuntu Linux Music Network New Release OpenShift openSUSE Proxy Qt RaspberryPi Research Setup Spotify Streaming Thunderbird Tips Ubuntu Vim VPS Zsh


Latest Comments


Post Archive

Explore Topics